Menu
0 Comments

Simpanan di Atas Rp 2 Miliar Hanya Tumbuh 3 Persen

Para pemegang dana-dana jumbo yakni korporasi tampak mengurangi simpanan mereka. Kebutuhan ekspansi bisnis menjadi alasan korporasi menarik dana simpanan di perbankan. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat, simpanan dengan nominal di atas Rp 2 miliar hanya tumbuh 3% per Mei 2018.

Sedangkan simpanan antara Rp 1 miliar-Rp 2 miliar tumbuh 1%-3% pada bulan yang sama. Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS, mengatakan, penurunan simpanan dari perusahaan dan lembaga non keuangan karena dipakai untuk membiayai ekspansi. “Sehingga perusahaan menarik dana di rekening mereka,” katanya, Rabu (18/7).

simpanan

Selain kebutuhan ekspansi, simpanan perusahaan di bank berkurang karena efek Lebaran. Kemungkinan ini datang dengan mempertimbangkan neraca perdagangan untuk kegiatan produktif cukup tumbuh bagus selama semester 1-2018. Lembaga penjamin dana nasabah tersebut melihat pola tidak akan banyak berubah pada semester kedua ini.

Pada akhirnya bisa memacu pertumbuhan ekonomi secara umum. Para bankir tak terlalu khawatir atas penarikan dana oleh korporasi. Frans Alimhamzah, Direktur Bisnis Banking Bank CIMB Niaga mengatakan, simpanan nasabah di atas Rp 2 miliar masih stabil. “Rasionya mirip dengan kuartal I-2018,” katanya.

Senada, Haryono Tjahjarijadi, Presiden Direktur PT Bank Mayapada Internasional Tbk mencatat simpanan perusahaan tak banyak berubah dan masih ada peningkatan. Bank Mayapada memastikan untuk simpanan di atas Rp 2 miliar masih terus bertumbuh.

Sementara porsi terhadap total dana pihak ketiga (DPK) cukup berimbang dengan nasabah individu maupun di bawah Rp 2 miliar.