Menu
0 Comments

Nilai Nutrisi Madu Ternyata Sangat Terbatas, Ini Buktinya!

Terlepas dari semua klaim bahwa madu adalah makanan yang menakjubkan, nilai nutrisi dalam madu ternyata sangat terbatas: Kandungan terbesar dalam madu adalah gula—fruktosa dan glukosa, juga beberapa sukrosa. Beberapa jenis madu mengandung sejumlah kecil vitamin B kompleks dan C. Madu (terutama yang gelap) mengandung beberapa antioksidan, tapi buah dan sayur merupakan sumber yang lebih baik. Beberapa studi baru-baru ini sedang fokus ke dalam sifat penyembuhan antimikroba dan penyembuhan luka pada madu. Rasa madu berbeda-beda bergantung pada jenis bunga yang serbuk sari-nya dikumpulkan oleh lebah.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Menaikkan kadar glukosa dalam darah. Kadar gula-nya yang tinggi membuat madu dapat dapat meningkatkan kadar gula darah rendah bagi penderita hipoglikemia. Saat hipoglikemia kambuh, makan satu sendok makan madu dan tunggu 15 menit sebelum mengonsumsi makanan lainnya.

Membantu menghentikan batuk. Dalam satu studi, anak-anak berumur 2 tahun dan lebih yang memiliki infeksi saluran pernafasan diberi 2 sendok the (10 mL) madu sebelum tidur. Madu tsb sepertinya bisa mengurangi batuk saat malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Efek madu sama efektifnya seperti batuk supresan dekstrometorfan dalam dosis over-the-counter. Bagaimanapun juga, madu dapat berbahaya bagi anak berumur dibawah satu tahun.

Membantu menurunkan kolesterol jahat. Studi dari Dubai di Uni Emirat Arab menemukan kadar kolesterol total dan kepadatan rendah lipoprotein (LDL) turun sementara kadar kolesterol baik (HDL) meningkat pada orang sehat setelah mereka minum larutan yang mengandung madu, tapi tidak setelah mereka meminum larutan yang mengandung glukosa.

Resiko Untuk Kesehatan

Menambah berat badan. Per volumenya, madu mengandung kalori yang lebih tinggi dari gula: satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, jumlah tsb lebih banyak dibandingkan dengan satu sendok makan gula yang hanya mengandung 46 kalori. Ini dikarenakan satu sendok makan madu berbobot lebih dari volume gula yang sama. Batasi asupan jika Anda berencana penurunan berat badan.

Berisiko untuk bayi. Spora clostridium botulinum telah ditemukan pada sekitar 10% sampel madu oleh Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat. Meski tidak berbahaya bagi orang dewasa dan anak lainnya, bayi tidak boleh diberi makan madu karena C. Botulinum dapat menyebabkan penyakit serius pada tahun pertama kehidupan.

Reaksi alergi. Lebah madu mengumpulkan dan menyimpan serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya. Bagi orang yang alergi terhadap jenis tanaman tertentu. Madu yang mengandung serbuk sari dari tanaman dapat memicu reaksi alergi yang serius.

Tips Membelinya

  • Sebagian besar produk madu komersial dicampur dari sumber tanaman yang berbeda.
  • Madu berkisar putih pucat sampai coklat tua; Secara umum, semakin dalam warnanya, semakin kuat rasanya.

Tips Menyimpannya

  • Simpan madu di tempat sejuk dan kering. Ini akan bertahan sampai satu tahun.
  • Panaskan sebotol madu di dalam panci air dangkal jika mengkristal.

Sumber: https://www.deherba.com/8-manfaat-madu-murni-untuk-kesehatan-lengkap-anda.html