Menu
0 Comments

Mengenal Penyakit Jantung Bengkak

Tahukah Anda apa itu jantung bengkak? Jantung bengkak merupakan istilah awam yang sering dokter gunakan untuk menjelaskan penyakit kardiomegali pada pasiennya. Mengapa jantung bisa membengkak?. Jantung pada tubuh manusia bisa saja mengalami pembengkakan karena adanya respons terhadap kerusakan pada otot atau bagian-bagian tertentu pada jantung. Jantung bengkak bisa diatasi dengan obat penyempitan jantung icp capsule. Pada awal gejala pembengkakan, jantung masih mampu memompa darah dengan baik tetapi seiring berjalannya waktu, jika tidak segera diatasi kinerja jantung akan menurun yang nantinya akan dapat menimbulkan resiko gagal jantung pada penderitanya.

Penyebab Seseorang Mengalami Jantung Bengkak

Jantung yang membengkak akan menyebabkan jantung tidak berfungsi secara makasimal. Jika tidak cepat ditangani pebengkakan pada jantung akan mengakibatkan penderitanya mengalami gagal jantung bahkan kematian. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui hal apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami pembengkakan pada jantungnya.

Hipertensi. Atau yang sering disebut sebagai tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana aliran darah dalam tubuh tiba – tiba meningkat dari biasanya. Jika aliran darah dalam tubuh meningkat, maka kinerja jantung akan meningkat juga karena adanya ketidastabilan akan kondisi darah sehingga jantung mengalami pembengkakan.

Kelainan pada katup jantung. Anda tentu sangat mengerati bukan bahwa pada jantung di dalam tubuh memiliki 4 buah katup untuk memompa darah keluar masuk. Nah, bila salah satu saja dari katup ini mengalami kerusakan entah kebocoran atau penyempitan, maka akan membuat organ jantung lainnya memompa lebih keras untuk menutupi kelebihan atau kekurangan tersebut.

Efusi pericardium. Penyebab jantung bengkak lainnaya yaitu efusi pericardium, merupakan kondisi di mana terdapat cairan yang menumpuk di dalam jantung. Dengan adanya kondisi berupa penumpukan cairan ini maka jantung akan berkerja lebih keras untuk memompa darah karena terjadinya pembengkakan pada jantung.

Kelainan tiroid. Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh tidak seimbang, maka secara otomatis kerja jantung juga tidak akan stabil, karena kerja jantung mengikuti kondisi kesehatan tubuh.

Kekurangan sel darah merah. Disebut juga dengan anemia, merupakan suatu keadaan di mana sel darah merah di dalam tubuh kita lebih sedikit dari sel darah merah pada umumnya. Pada penderita jantung bengkak oksigen dapat mengalami penumpukan di dalam jantung sehingga dapat menyebabkan pembengkakan yang mengakibatkan penyebaran oksigen ke tubuh tidak stabil.

Apa Saja Gejala Jantung Bengkak yang Harus Diwaspadai?

Apa saja gejala jantung bengkak yang seharusnya menjadi perhatian kita?. Dalam beberapa kasus orang yang menderita pembengkakan jantung tidak merasakan gejal apapun. Namun, ada beberapa gejala yang umum yang dapat menandakan bahwa seseorang terkena pembengkakan jantung seperti hal – hal di bawah ini.

  • Sakit kepala
  • Palpitasi atau detak jantung meningkat
  • Susah bernapas
  • Mengalami batuk dalam waktu yang panjang
  • Nyeri di bagian dada
  • Mudah lelah

Itulah beberapa ulasan mengenai jantung bengkak yang patut menjadi perhatian Anda. Semoga artikel di atas mampu memberikan perhatian dan kesadaran Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda melalui pola hidup yang sehat.